selamat datang

SELAMAT DATANG

Sabtu, 13 Agustus 2011

Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan


listrik statis mungkin kata itu kita sering mendengarnya,dalam pelajaran di sekolah ataupun di dalam buku.kalo yang di maksud listrik satai itu merupakan fenomena fisika .fenomena yang bagaimana ??? fenomena yang menunjukan adannya interaksi atau saling berpautan benda benda yang bermuatan listrik.benda bendatersebut adana yang bermuatan positif amupun negatif dan benda tersebut akan saling berinteaksi satu sama lain. dan masing masing benda tersebut ada yang mempunyai elketron amupaun proton dan inilah yang menyebabkan benda tersebut saling berinteraksi.

kalo kita pahami dan sadari banyak sekali enomena listrik statis dalam kehidupan kita sehari hari ,contoh listrik statis dalam kehidupan yaitu:
  • kalo kita sedang menyisirrambut kadang kadang rambut kita kan terbawa berdiri walapun kita tidak menyadarinnya ,rambut yang kita aiair seolah olah mengikuti sisir tersebut .ini menandakan adanya interaksi anatara rambut dan sisir .
  • Penggaris apabila di gosok gosokan dengan kain sutra maka akan bermuatan listrik dan muatan listriktersebut didekatkan dengan kertas maka kertas tersebut juga kan ikut tertari ini menunjukan salaing keterkaitan antara penggaris dengan kertas.
Listrik stati juga bermanfaat loch :
  • listrik statis juga di gunakan untuk generator van de graff mlistrik statis pada generator ini di akibatkan oleh pita karet dan roda pemutar dengan adanya gesekan ini maka kaan menyebabkan atau menghasilkan listrik yang cukup besar ,
  • mesin foto kopo : pada mesin foto kopi menggunakan muatan listrik yang berbeda beda dan inilah yang di gunakan dalam mesin fotokopi.
  • cat semprot : dalam penggunaan cat semprot juga menggunakan manfaat listrik statis bila benda yang akan disemprot dan disempot maka akna tertarik satu sama lain dan akn menempel pada bendatersebut menjadi lebih efektif dan hasilnnya pun bagus.
tulah contoh listrik statis dalam kehudupan kita moga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar